EN

LPMUniversitas Sumatera Utara

Kegiatan Sosialisasi KKN PPM untuk Mahasiswa dilaksanakan dibeberapa Fakultas di Lingkungan USU

  • Tanggal : 24 February 2015
  • Penulis : mdh

Kegiatan Sosialisasi Kuliah Kerja Nyata (KKN) Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (PPM) Universitas Sumatera Utara Tahun 2015 pada Semester Genap T.A. 2014/2015, dilaksanakan mulai tanggal 23-24 Februari 2015, dibeberapa Fakultas di Lingkungan USU yaitu, Sesi I Aula FE USU, Sesi II R. Peradilan Semu FH USU dan Sesi III R. Prof. Nazir Alwi FKG USU.

Acara ini di buka oleh Ketua LPM USU yang juga sekaligus merangkap sebagai Ketua KKN PPM Tahun 2015 Prof. Edison Purba, dan juga dihadiri oleh Sekretaris LPM USU yang juga sekaligus merangkap sebagai Sekretaris KKN PPM Ir. Alfian Hamsi, MT, Wakil Ketua KKN PPM Dr. Marheni yang juga sekaligus merangkap sebagai pembicara, Wakil Sekretaris KKN PPM Dr. Budi Utomo yang juga sekaligus merangkap sebagai pembicara,serta Staf LPM USU. Mahasiswa yang menghadiri acara ini sangat antosias sekali, hal ini dapat dilihat dari tiga (3) sesi yang dilaksanakan, para peserta yang menhadiri sosialisasi ini sampai berdiri pada baris belakang.

Pada dasarnya KKN bukan hal baru bagi USU karena USU pernah melaksanakannya sejak tahun 1972-1999. Selanjutnya karena sesuatu hal maka KKN dihentikan bersamaan dengan dihentikannya KKN di universitas-universitas lainnya di Indonesia.

Dalam sambutannya Prof. Edison menyampaikan bahwa untuk KKN PPM yang akan dialaksanakan di Universitas Sumatera Utara berbeda dengan KKN yang dilaksanakan pada beberapa Tahun lalu. KKN di masa kini berubah namanya menjadi KKN PPM (kuliah kerja nyata pembelajaran pemberdayaan masyarakat). Konsep ini merupakan perbaikan dari konsep KKN di masa lalu yang lebih berorientasi top-down serta kegiatannya lebih pada pengabdian mahasiswa saja. KKN PPM mengarah pada kegiatan yang berorientasi bottom-up yang mana mahasiswa bersama masyarakat berupaya untuk melakukan perubahan/perbaikan di masyarakat. Selain belajar mahasiswa juga melakukan pembelajaran dan pemberdayaan masyarakat untuk bersama-sama membangun desa. Selama 3 tahun desa ini akan mendapat kunjungan mahasiswa KKN PPM. Diharapkan nantinya desa binaan ini akan berubah menjadi lebih baik setelah 3 tahun tersebut.

Pada tahun ini USU menyediakan 3 jenis KKN, yakni: KKN regular, KKN bersama/kebangsaan dan KKN Pulau-Pulau Terluar. Dari seluruh peserta KKN PPM USU tahun 2015 (yang merupakan peserta KKN regular) nantinya akan diseleksi 15 orang untuk dikirim mewakili mahasiswa KKN USU untuk bergabung bersama wakil-wakil universitas lainnya pada KKN Bersama/Kebangsaan. Selanjutnya juga akan diseleksi 50 orang mahasiswa yang akan mewakili mahasiswa KKN USU untuk bergabung dengan mahasiswa Universitas Syah Kuala ke Pulau Simeuleu untuk melaksanakan KKN Pulau-Pulau Terluar (Provinsi Aceh Darussalam). Sementara peserta lainnya akan melaksanakan KKN PPM ke Kabupaten yang direncanakan universitas. Memandang urgensi wilayah sasaran, untuk tahun 2015 USU akan melaksanakan KKN di Kabupaten Karo dan Kabupaten Simalungun khususnya di wilayah-wilayah yang terkena dampak bencana atau pun wilayah terisolir lainnya.

Untuk info lanjut tentang perkembangan KKN PPM USU Tahun 2015 ini, kita dapat bergabung pada Sosial Media (Kkn Ppm Usu#Facebook ) serta mengunjungi laman LPM USU.