EN

LPMUniversitas Sumatera Utara

Penandatangan MoA antara LPM USU dengan PT. Bank BTN (Persero) Tbk,

  • Tanggal : 30 March 2015
  • Penulis : mdh

Penandatangan  Memorandum of Agreement (MoA) antara LPM USU dengan PT. Bank BTN (Persero) Tbk, yang dilaksanakan pada Jum’at (27/03/15) di Ruang MWA USU. Pada kerjasama ini Universitas Sumatera Utara melalui LPM USU sepakat untuk bersama-sama membina UMKM di Kota Medan.

Hal tersebut terungkap saat penandatanganan perjanjian kerjasama lebih lanjut antara Ketua LPM USU Prof. Edison Purba dengan Kepala Cabang Medan Ferry Sonefille  PT. Bank  BTN (Persero) Tbk, acara ini dihadiri oleh jajaran pimpinan PT BTN yaitu DBM Commercial Fajang. T. Nurland, HCLU Head R. Dewo Pratolo Adji dan Kepala Kantor Kas USU Ibin Natha. Sedangkan dari pihak LPM USU dihadiri oleh Sekretaris LPM USU Ir. Alfian Hamsi, M.Sc., Kasubbag. Data dan Informasi LPM USU Nursiah Siahaan, SH, Kepala Pusat Inkubator Bisnis Cikal USU Prof. Rita. F. Dalimunthe dan Staf Ahli LPM USU Arwina Sufika, SE., M.Si.

Ferry Sonefille mengatakan, kerjasama ini terfokus pada pengembangan mitra binaan LPM USU khususnya dalam pengembangan mitra binaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Pihaknya, akan menyalurkan kredit yang sesuai dan tepat guna kepada mitra binaan tersebut yang tentu saja harus sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Sementara USU berperan memberikan referensi tentang kelayakan mitra binaannya yang layak untuk diberikan dalam pengembangan usahanya. Beliau berharap kerjasama itu berjalan dengan baik dan tetap berlanjut kedepannya, dan tidak menutup kemungkinan pula ada kerjasama lain dengan USU, salah satunya adalah dalam perekrutan Staf PT. Bank BTN (Persero) Tbk, yang berasal dari alumni USU dan proyek pengembangan pembangunan perumahan rakyat di kawasan Belawan.

 

Sementara itu dalam sambutannya Warek IV Prof. Ningrum Natasya Sirait yang mewakili Rektor USU menyambut baik kerjasama itu. Prof. Ningrum menyebutkan mitra binaan UMKM USU cukup banyak dan sebagian besar dari mereka menanti uluran tangan pihak ketiga untuk pengembangan usaha mereka. Saat ini, katanya, sudah ada 160 mitra binaan USU dari berbagai bidang. Mereka dominan bergerak disektor makanan (60%), selebihnya dibidang industri kreatif 30% dan lainnya 10%. Mitra binaan tersebut banyak berdomisili di Kota Medan, Binjai, Langkat dan Deli Serdang. Dan setiap bulan Maret diadakan seleksi bagi calon mitra binaan USU untuk diberi bimbingan, pendampingan dalam pengembangan usaha. “Semoga hal ini tidak cukup berhenti pada satu jenis model kerjasama ini saja tapi berkembang pada model kerjasama yang lain yang lebih inovatif dan terus berlanjut dengan kualitas yang baik” pungkas beliau.

Prof. Edison Purba juga menambahkan bahwa LPM USU adalah salah satu institusi pembina UKM terbaik se Indonesia hal ini disampaikan di sela-sela penandatanganan MoA dengan PT. Bank BTN (persero) Tbk, atas daasar itu maka kami (LPM USU-red) yakin dapat menjalin kerjasama ini dengan baik kedepannya.

Prof. Rita. F. Dalimunthe menambahkan bahwa saat ini Cikal USU terus berkomitmen untuk mewujudkan USU sebagai universitas entrepreneur yang mampu menciptakan lulusan wirausahawan terampil dan maju di bidangnya masing-masing.