EN

LPMUniversitas Sumatera Utara

Kerjasama

Lembaga Pengabdian Pada Masyarakat Universitas Sumatera Utara (LPPM-USU) mulai berfungsi sejak tanggal 16 Desember 1980 berdasarkan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 1418/PT05/SK/C.1980. Adapun tujuan yang ingin dicapai Lembaga Pengabdian Pada Masyarakat Universitas Sumatera Utara (LPPM-USU) adalah agar terlaksananya program-program seperti: Program Pemantapan Kelembagaan, Program Pemantapan Manajemen dan Ekonomi, Program Peningkatan Pendidikan dan Masyarakat, Program Peningkatan Pelayanan pada Masyarakat, Program Pembinaan Desa Percontohan, dan Program Pemantapan Kewirausahawan.

LPPM setiap tahun aktif melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa pembudayaan masyarakat melalui kegiatan-kegiatan yang di danai oleh Kementrian Pendidikan Nasional (APBN), maupun oleh swadaya. Kegiatan pembudayaan masyarakat tersebut dilaksanakan oleh para staf pengajar (dosen) dilingkungan USU yang sesuai dengan keahlian dan bidang pendidikan masing-masing.

Untuk mendorong terlaksananya program-program tersebut, maka LPPM mengadakan kegiatan raoat dengan ketua unit Pengabdian pada masyarakat dan fakultas dilingkungan USU tentang mekanisme kerja antara LPPM-USU dengan UPM Fakultas, mengadakan ceramah dan diskusi tentang pengabdian pada masyarakat kepada staff pengajar, mengadakan program alih teknologi kepada masyarakat diluar masyarakat kampus seperti dengan mengadakan kursus aplikasi dan bimbingan, serta mengadakan pelayanan seperti konsultasi, bantuan hukum, pelayanan kesehatan, penyuluhan dan latihan.

LPPM juga aktif melakukan kegiatan kerjasama dengan beberapa instansi-instansi yang tercatat dari tahun 1999-2012.