Jl. Dr. Mansyur. Medan Baru, Sumatera Utara 20153 +62 61 8211952 lppm@usu.ac.id

KKN-PPM

Pelaksanaan Sosialisasi KKN PPM USU 2019 di buka oleh Wakil Rektor III, Drs. Mahyuddin K. M. Nasution, M.I.T., Ph.D. kegiatan Sosialisasi KKN dilaksanakan di Gelanggang Mahasiswa tanggal 28 Februari 2019.  Sosialisasi KKN merupakan perkenalan mata kuliah KKN PPM USU kepada Mahasiswa yang sudah duduk di semester 6 (Enam), sehingga Mahasiswa dapat mengambil mata kuliah KKN PPM USU.

 

3

Kata Sambutan Sekretaris LPPM USU Prof. Dr. Dra.  Irnawati Marsaulina, MS

1

Kata Sambutan dan Pembukaan Sosialisasi KKN-PPM USU Tahun 2019

oleh Wakil Rektor III USU Drs. Mahyuddin K. M. Nasution, M.I.T., Ph.D.

2

Foto Bersama dengan Peserta Sosialisasi KKN PPM USU Tahun 2019

4

Paparan Kegiatan Sosialisasi KKN PPM USU Tahun 2019 oleh Dr. Rudy Sofyan, S.S.,M.Hum

 Bahan Slide Sosialisasi KKN PPM USU 2019 Kamis, 28 Februari 2019

 

KKN-PPM dilaksanakan untuk  menerapkan relevansi Pendidikan Tinggi dengan perkembangan dan kebutuhan masyarakat akan ilmu pengetahuan dan teknologi serta seni dalam pembangunan. Kegiatan  KKN  menjadi  bentuk  nyata  kontribusi  Universitas Sumatera Utara  bagi  masyarakat,  industri, pemerintah  daerah  dan  kelompok  masyarakat  yang  ingin  mandiri  secara ekonomi  maupun sosial. adapun tujuan dari KKN-PPM USU adalah sebagai berikut :

  1. Menumbuhkan dan meningkatkan empati mahasiswa  kepada masyarakat. Mahasiswa dapat melihat, mengetahui, merasakan dan menghayati permasalahan-permasalahanatau kesulitan - kesulitan yang dihadapi oleh  masyarakat
  2. Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk membantu menyelesaikan permasalahan khususnya dalam masalah yang berkaitan dengan pengembangan disiplin ilmu yang ditekuninya. Pemecahan masalah yang nyata melalui teknis problem solving yaitu observasi, identifikasi, perumusan program, evaluasi dan penyusunan program.
  3. Melaksanakan terapan IPTEKS secara team work dan interdispliner
  4. Memberikan peluang kepada mahasiswa untuk mengembangkan jiwa kepemimpinannya. Dalam melaksanakan program KKN, mahasiswa berkomunikasi, berinteraksi dan bekerjasama dengan mahasiswa lainnya dan masyarakat setempat.
  5. Dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat di pedesaan dan melalui kegiatan berkesinambungan desa lokasi KKN menjadi desa binaan Universitas Sumatera Utara.

Kegiatan Kuliah Kerja Nyata-Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) merupakan kegiatan lapangan mahasiswa sebagai  kegiatan kurikuler yang dapat diikuti oleh semua mahasiswa program strata satu (S1) yang ada di lingkungan Universitas Sumatera Utara.KKN-PPM memiliki arti sebagai kegiatan intrakurikuler yang memadukan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan cara memberikan kepada mahasiswa pengalaman belajar dan bekerja dalam kegiatan pembangunan masyarakat yang menjadi wahana penerapan dan pengembangan ilmu di luar kampus dalam waktu, mekanisme dan persyaratan tertentu. KKN-PPM dilaksanakan untuk  menerapkan relevansi Pendidikan Tinggi dengan perkembangan dan kebutuhan masyarakat akan ilmu pengetahuan dan teknologi serta seni dalam pembangunan.

Universitas Sumatera Utara pada tahun 1972 awal mulai melaksanakan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) untuk mewujudkan kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa sebelum mereka diwisuda menjadi seorang sarjana. Program KKN berlangsung  sampai tahun 1999.  Sejak tahun 2000 KKN tidak lagi diadakan di USU, dan  Tahun 2015 dengan SK Rektor No. 1719/UN5/1.R/SK/SPB/2013, USU kembali melaksanakan program Kuliah Kerja Nyata yang disebut dengan Kuliah Kerja Nyata-Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM). Program  KKN-PPM sebagai bentuk penyikapan Permendikbud No. 49 tahun 2014 “Sikap Lulusan Program Pendidikan Akademik, Vokalis dan Profesi yang berkaitan dengan (1) Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila; (2) Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan. Program KKN-PPM didasarkan juga dengan pemikiran bahwa masyarakat mengenal Perguruan Tinggi sebagai lembaga Pendidikan Tinggi serta sumber Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Sains (IPTEKS) yang diperlukan oleh masyarakat.

dari tahun ketahun KKN PPM USU terus mengalami peningkatan diantaranya Peserta KKN PPM USU semakin bertambah begitu juga dengan jenis Program KKN PPM USU. Adapun Jenis-jenis Program KKN PPM USU di Tahun 2017, antara lain yaitu :

  1. Program KKN-PPM Reguler yang berlokasi di wilayah Kabupaten/Kota Provinsi Sumatera Utara. Wilayah yang menjadi lokasi adalah  Kabupaten Karo, Kabupaten Batubara, Kabupaten Labuhan Batubara Utara dan Kabupaten Samosir.
  2. Program KKN-PPM Pulau Terluar yang berlokasi di wilayah Pulau Nias dan Pulau Simeulu.
  3. Program KKN-PPM Tematik merupakan kegiatan yang bekerja sama dengan Kementrian PUPR yang berlokasi di wilayah Kota Tanjung Balai, Kabupaten Langkat dan Kabupaten Simalungun.
  4. Program KKN-PPM Kebangsaan yang merupakan kegiatan bersama dari seluruh Universitas di Indonesia  yang dikoordinir oleh Dirjen Dikti Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI. Wilayah yang menjadi lokasi adalah Kota Gorontalo.Provinsi Gorontalo.
  5. Program KKN-PPM Bersama yang merupakan kegiatan bersama dari seluruh Perguruan Tinggi Negeri di wilayah Indonesia bagian barat. Tahun ini yang menjadi lokasi kegiatan KKN-PPM adalah di Kota Bangka dengan penanggung jawab pengelola adalah Universitas Bangka Belitung.

Subcategories

Sebelum Pelaksanaan KKN PPM USU Berjalan, maka terlebih dahulu Panitia Penyelenggara KKN PPM USU Melakukan Sosialisasi.

Pengangkatan Dosen Pendamping Lapangan (DPL) Kuliah Kerja Nyata Pemberlajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Pada Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Sumatera Utara. Bahwa untuk kelancaran pelaksanaan kegiatan Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) bagi Mahasiswa Universitas Sumatera Utara, dipandang perlu mengangkat Dosen Pendamping Lapangan (DPL) Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) pada Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Sumatera Utara.

Pelaksana Kegiatan Penerimaan, Pendaftaran dan Seleksi Peserta  Kuliah Kerja Nyata – Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Sumatera Utara. Bahwa untuk kegiatan KKN-PPM USU maka akan diadakan Penerimaan Pendaftaran dan Seleksi Peserta KKN-PPM Universitas Sumatera Utara.

KKN-PPM USU terbuka bagi semua mahasiswa Universitas Sumatera Utara yang sudah memenuhi semua persyaratan untuk melaksanakan kegiatan KKN-PPM USU. Persyaratan tambahan diperlukan jika Kegiatan KKN-PPM USU yang diusulkan mensyaratkan penekanan pada keahlian dan muatan tertentu.Selanjutnya, mahasiswa mendaftarkan diri sebagai peserta KKN-PPM USU dengan memenuhi prosedur dan persyaratan tertentu.

  1. Syarat Akademik
    1. Terdaftar sebagai mahasiswa aktif di fakultas lingkungan Universitas Sumatera Utara.
    2. Mahasiwa peserta KKN-PPM telah lulus mata kuliah dan praktikum 100 SKS dan mata kuliah KKN-PPM berbobot 3 SKS.
    3. Memasukkan mata kuliah KKN pada Kartu Rencana Studi (KRS) semester genap.
  2. Syarat Administrasi
    1. Mahasiswa peserta melakukan pembayaran biaya KKN-PPM melalui bank yang ditunjuk oleh Universitas Sumatera Utara
    2. Mahasiswa mengikuti pemeriksaan kesehatan sesuai dengan tempat dan jadwal yang ditentukan penggelola/LPPM.
    3. Mahasiswa mengikuti pembekalan sesuai dengan jadwal yang ditentukan.
    4. Mahasiswa mematuhi peraturan dan ketentuan yang ditetapkan oleh penggelola/LPPM.

"Pendaftaran Kuliah Kerja nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat  akan di informasikan sewaktu Sosialisasi KKN-PPM USU"

 

Alur Pendaftaran Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran

Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) USU

Alur Pendaftaran

Pembekalan Peserta  Kuliah Kerja Nyata – Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Bersama, Tematik, Pulau Terluar dan Reguler Universitas Sumatera Utara.

Bahwa untuk kelancaran pelaksanaan kegiatan Kuliah Kerja Nyata – Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) bagi Mahasiswa Universitas Sumatera Utara, dipandang perlu diadakannya pembekalan kepada Mahasiswa atau peserta Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) USU. Sehingga nantinya Mahasiswa diharapkan dapat menerapkan hasil dari pembekalan yang di lakasanakan oleh Pengelolah KKN dan LPPM USU. Memingat yang akan dihadapin Mahasiswa adalah Masyarakat yang dimana Masyarakat desa yang akan di hadapain Mahasiswa bukanlah sedikit melainkan banyak Masyarakat.

"Kegiatan Pembekalan dilaksanakan sebelum mahasiswa ke lokasi KKN-PPM "

 

Acara Pembekalan kepada Peserta KKN PPM USU 2017 di Gedung Auditorium USU

Gambar :Foto Bersama dalam acara Pembekalan Peserta KKN-PPM USU

Pelaksana Kegiatan Pemberangkatan Peserta  Kuliah Kerja Nyata – Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Reguler, Kepulauan Terluar, Tematik dan Bersama Universitas Sumatera Utara. Bahwa untuk kegiatan Pemberangkatan Peserta Kuliah Kerja Nyata – Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) maka diperlukannya Panitia agar dapat memberangkatkan Peserta Kuliah Kerja Nyata – Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Sumatera Utara.

"Kegiatan Pemberangkatan Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) USU"

 

Wakil Rektor III USU memberikan Kata sambutan dalam acara Pelepasan Mahasiswa KKN PPM USU 2017IMG 2752IMG 2755

Gambar : Pelepasan Peserta Mahasiswa KKN-PPM USU Ke Lokasi KKN.

Pelaksana Kegiatan Monitoring dan Evaluasi Peserta  Kuliah Kerja Nyata – Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Reguler, Kepulauan Terluar, Tematik, dan Bersama Universitas Sumatera Utara. Bahwa untuk kegiatan Monitorning dan Evaluasi Peserta Kuliah Kerja Nyata – Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) maka diperlukannya Panitia agar dapat melakukan Monitoring dan Evaluasi Peserta Kuliah Kerja Nyata – Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Sumatera Utara.

"Kegiatan Monitoring dan Evaluasi (Monev) dilaksanakan pada saat Mahasiswa KKN-PPM suda berada di lokasi selama 3 (tiga) minggu"

Penjemputan Peserta Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) USU dilakukan oleh Dosen Pendamping Lapangan (DPL), Staf Rektor, Pegawai LPPM dan Panitia Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) USU .

 

Proses Penjemputan Peserta KKN-PPM USU

Berakhirnya kegiatan Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) USU yang sesuai waktu yang ditentukan oleh Panitia KKN-PPM, maka berakhir pula Mahasiswa melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat di Desa. Adapun proses penarikan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat antara lain :

  1. Panitia KKN-PPM USU menyurati ke Kabupaten memberitahukan jadwal Penjemputan Peserta KKN-PPM USU.
  2. Pada tanggal yang ditentukan Panitia ke Kabupaten.
  3. Mahasiswa Peserta KKN-PPM USU bersiap-siap ke Kantor Bupati.
  4. Setibanya Peserta KKN-PPM USU di Kantor Bupati, Mahasiswa mempresentasikan hasil kegiatan KKN-PPM USU.
  5. Selesai mahasiswa mempresentasikan hasil KKN-PPM USU, mahasiswa bersiap-siap kembali ke Medan.